Digitalisasi Inovasi Layanan Pertanahan: Pengecekan Sertipikat Online di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Danang Bagus Prasetyo Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga, Indonesia
  • Arif Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53686/jp.v13i1.190

Keywords:

digitalisasi pelayanan, pengecekan sertipikat online, inovasi pelayanan pertanahan, pelayanan publik

Abstract

ABSTRAK
Dalam era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat, pemerintah diharapkan melakukan inovasi dalam
memberikan pelayanan publik demi mencapai good governance. Di Indonesia, salah satu contohnya adalah layanan publik
di bidang pertanahan yang dikelola oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Sebagai bagian
dari instansi pemerintah tersebut, Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga mengembangkan inovasi dalam layanan
pengecekan sertipikat secara online guna mencapai tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi
implementasi inovasi layanan pengecekan sertipikat secara online dan faktor-faktor apa yang memengaruhinya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis studi kasus, yang digunakan untuk memahami proses
dan makna dari kasus pelayanan pengecekan sertipikat secara online di Kabupaten Purbalingga. Untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara dan kajian dokumen. Sumber informan adalah
masyarakat dan pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga
tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
pelayanan pengecekan sertipikat secara online dapat meningkatkan performa Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga
dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, dan akuntabel kepada pemohon atau masyarakat. Masyarakat
menanggapi positif pergeseran kearah digitalisasi inovasi pelayanan ini. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi
mengenai inovasi layanan tersebut dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor yang memengaruhi implementasi
inovasi tersebut dapat dibagi menjadi internal seperti visi dan strategi, sumber daya manusia, struktur organisasi, budaya
organisasi, dan eksternal seperti ketersediaan teknologi dan kebijakan pemerintah. Rekomendasi dari penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan program yang lebih matang dan berkelanjutan dalam inovasi pelayanan publik di masa depan.

ABSTRACT
In the era of rapidly advancing science and technology, it is expected that the government will innovate its provision of
public services in order to achieve good governance. In Indonesia, one example is the public service in the field of land
management, which is managed by the Ministry of Agrarian Affairs and Spatial Planning/National Land Agency. As part of
this government agency, the Purbalingga Regency Land Office has developed an innovation in online certificate-checking
services in order to achieve this goal. The research aims to evaluate the implementation of the innovation of online certificate, checking services and the factors that influence it. The method used in this research is a qualitative method of case study,
which is used to understand the process and meaning of the case of online certificate-checking services in Purbalingga
Regency. Researchers used interviews and document review methods to collect data in this study. Sources of informants are the community and Purbalingga Regency Land Office, officers. Data analysis in this study consists of three stages: data
condensation, data presentation, and conclusion drawing or verification. The results showed that online certificatechecking
services could improve the performance of the Purbalingga Regency Land Office in providing fast, precise, transparent, and
accountable services to applicants or the community. The community responded positively to the shift towards digitalization
of this service innovation. Based on the research results, information is obtained about the innovation of the service and the
factors that affect it. Factors influencing the implementation of such innovations can be divided into internal such as vision
and strategy, human resources, organizational structure, and organizational culture; and external such as the availability of
technology and government policies. The recommendations from this study aim to develop a more mature and sustainable
program of public service innovation in the future.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Prasetyo, D. B., & Saefudin, A. (2023). Digitalisasi Inovasi Layanan Pertanahan: Pengecekan Sertipikat Online di Kantor Pertanahan Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pertanahan, 13(1), 17–27. https://doi.org/10.53686/jp.v13i1.190